Gerakan Jumat Berkah Agustus #3

Gerakan Jumat Berkah Agustus #3

Bismillahirrohmaanirrohim..

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh..

 

Jumat tetap nomor 1 bagi para Employee of Allah. Berbagai kegiatan dilakukan serentak di seluruh nusantara dalam Gerakan Jumat Berkah ini. Dengan berbagai ide kreatif, para penggerak PPA saling berbagi pada kaum dhuafa dan yang membutuhkan..

Kemana dan dimana gerakan ini berlangsung, mari kita ikuti. Cekidot.. ?

 

IMG-20150821-WA042

 

BEKASI

Diawali dari kota Bekasi, tim yang dipimpin oleh Mas Dedy Irawan ikut turun ke jalan untuk berbagi sembako ke abang becak dan juga tukang parkir. Ditemani para alumni lainnya, tim Bekasi menemukan beberapa target yang mereka cari dan segera memberikan bingkisannya.

 

PURWOKERTO

Gerakan Jumat di Purwokerto didukung oleh PPA Learning Center-nya. Pembagian nasi bungkus kepada tukang becak, tukang parkir, dan peminta-minta di jalan sudah menjadi agenda rutin disana. Selain daerah sekitar PPALC sendiri, Mbak Amel dan tim, kali ini menuju Pasar Manis, Pasar Cerme, dan juga stasiun.

IMG-20150821-WA043

 

JAKARTA

Di Jakarta sebagai kota pusat juga ikut berpartisipasi dalam Gerakan Jumat Berkah ini. Tim yang diramaikan oleh Mas Fidrian dan Mbak Nusaibah juga para alumni lainnya berbagi bingkisan kepada para pedagang kecil, pemakai jalan, dan lain-lain di seputaran Al-Azhar.

 

IMG-20150821-WA031

C E P U

Di kota ini, Gerakan Jumat Berkah diwarnai dengan berbagi ke pak becak dan pemulung. Beberapa alumni telah mempersiapkan puluhan nasi bungkus untuk kegiatan ini. Mereka menyusuri jalan-jalan, pasar-pasar, dan dimanapun mereka menemukan orang-orang yang membutuhkan, tim Cepu berhenti untuk mengulurkan nasi bungkusnya.

 

B A L I

Bu Ifa dari Tabanan kembali menggetarkan bumi Bali. Bersama Mbak Yona, tamu kehormatan dari Lombok, pagi-pagi telah sidak ke jalan untuk berbagi sarapan kepada para pengguna jalan.

 

JOGJAKARTA

Agenda Jumat Berkah tim Jogja berbagi nasi dus di Pasar Beringharjo. Targetnya tentu saja para lansia yang masih gigih mencari nafkah. Diantaranya ada pedagang manisan, tukang sol sepatu, bapak-bapak pengayuh becak, dan masih banyak lagi.. 🙁

 

PALEMBANG

Mas Koko dan kawan-kawan penggerak disana berbagi nasi bungkus di sore hari. Tim bergerak dari lampu merah satu ke lampu merah berikutnya. Targetnya tukang koran, penyapu jalan, petugas sampah, pengayuh becak, dan juga pedagang lansia yang kebetulan mereka lihat dijalan hingga maghrib menjelang.

 

BANDUNG

Kota Bandung selalu penuh dengan agenda kebaikan di setiap Jumatnya. Pagi hari berbagi nasi kuning kepada tukang ojek, sorenya berbagi nasi kotak yang telah dikemas cantik oleh ibu-ibu alumni, dan juga sarung kepada tukang sampah, tukang becak, dan lain-lain.

 

CIREBON

Tim Cirebon dengan penggeraknya Mas Fahrudin, Mbak Ilya Shanie juga alumni lainnya berbagi ke para orang tua lanjut usia. Namun, bukan ke panti jompo melainkan langsung mengunjungi kehidupan nyata para jompo di Desa Purbawinangun, Plumbon, Cirebon.

Di desa tersebut banyak terdapat lansia yang kurang mampu. Target tim hari ini 15 lansia yang sebagian dikumpulkan di rumah salah satu keluarga alumni. Sebagian lagi langsung ke rumah para lansia karena ada diantaranya yang lumpuh dengan usia 80 tahun lebih. Jompo lainnya tidak bisa melihat, berjalan dengan menghapal langkah. Ada pula jompo yang masih aktif mencari rejeki walaupun sudah bukan saatnya lagi mencari rejeki. Ibu ini kesehariannya mengumpulkan bunga kamboja kering, diambil dari makam untuk kemudian dijual kembali olehnya. 🙁

 

MAKASSAR

Maros menjadi target utama tim Makassar. Aksi Jumat Berkah yang digerakkan oleh Mbak Dian Syarif ini bermula dari Jalan Dr. Ratulangi, kemudian bergeser ke jalan Lanto Dg. Pasewang (sekitar SD dan Plaza Maros), lalu ke pasar sentral Maros, bahkan berbagi ke studio BSFM dan Petugas Pemadam Kebakaran. Ditemani oleh Mbak Musdalifah serta para alumni lainnya, berkeliaran ke jalan untuk menemukan tukang becak, pedagang kaki lima, tukang parkir, tukang batu, tukang ojek, orang tua yang menjemput anaknya disekolah, petugas damkar, satpam bahkan petugas kepolisian yang sedang bertugas mengatur lalu lintas.

Meski tidak memiliki persiapan berarti untuk melaksanakan kegiatan ini, namun setelah memantapkan niat yang murni dan tulus untuk membantu sesama dengan bersedekah, akhirnya Allah SWT membuka jalan dengan memberi rejeki kepada mereka dari jalan yang tidak diduga-duga.

 

Setiap Jumat, menjadi moment yang selalu membuat merinding karena gerakan yang dilakukan oleh para Employee of Allah di seluruh Indonesia. Berbagai seni kebaikan berlangsung di hari yang penuh berkah ini. Semoga berbalas kebaikan yang tak terhingga disisi-Nya. Proud of you, guys.. ({})

Salam Kontribusi..^^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *